TANGRAM

TANGRAM

Tangram adalah permainan yang paling tua yang dikenal dalam matematika. Perminan ini dikembangkan pertama kali di negeri Cina dan sering disebut dengan puzzle china. Tangram berasal dari kata Tang dan Gram. Istilah ini pertama kali dikenalkan oleh Thomas Hill dalam bukunya Geometrical Puzzle for the Youth pada tahun 1848.

Terkadang tangram dikenal dengan nama “Bujursangkar Ajaib” atau “Tujuh Keping Ajaib”. Untuk siapa saja yang melihat permainan itu, yang menyolok adalah hadirnya bentuk-bentuk dasar geometri datar (Ilmu Ukur Bidang). Tiap-tiap keping memiliki bentuk dasar, yaitu bujursangkar, segitiga siku-siku samakaki, atau jajaran genjang, sedangkan ketujuh keping itu bersama-sama membentuk bujursangkar.

Tangram merupakan salah satu permainan edukatif yang bisa dibuat dari bahan-bahan yang sederhana. Permainan ini yaitu suatu permainan puzzle persegi yang dipotong menjadi 7 bagian (2 berbentuk segitiga besar,1 berbentuk persegi, 1 berbentuk jajarangenjang, 1 berbentuk segitiga sedang, dan 2 berbentuk segitiga kecil). Tangram banyak tersedia di pasaran namun juga mudah dibuat sendiri. Dengan memotong kertas menurut garis-garis berwarna biru, maka akan diperoleh tangram yang dimaksud.

Bentuk-bentuk ini disusun dari bentuk-bentuk bidang datar yang telah kita kenal sewaku di Taman kanak-kanak dan mendalaminya di Sekolah Dasar. Satu ukuran persegi sama sisi kemudian terbagi dalam grid-grid yang berbanding 1:1 sehingga tercipta 16 persegi sama sisi di dalamnya. Dari persegi-persegi tersebutlah, kemudian ditarik garis untuk membentuk segitiga sama kaki yang besar, sedang, dan kecil, sebuah kotak serta jajar genjang. Dari tujuh buah bentuk geometri yang tercipta, lahirlah berbagai kreatifitas yang sangat mengagumkan dalam bermain Tangram tersebut. Seperti;

Bentuk-bentuk ini tanpa disadari erat kaitannya dengan ilmu Geometri & Persepsi yang lebih banyak diutarakan oleh teori Gestalt. Bentukan tangram yang berasal dari bentuk-bentuk geometri sederhana menjadi media berlakunya hal tersebut. Upaya membentuknya agar bentukan akhir mendekati (law of closure) menjadi seperti bentukan hewan, tumbuhan atau apapun itu. Upaya-upaya melanjutkan bidang-bidang datar ataupun miring, mengisinya dengan sisa dari tujuh keeping lainnya juga menjelaskan akan persepsi manusia dalam law of continuity. Dalam hal yang ini ternyata dapat dihasilkan hampir 700 bentukan baik itu hewan, tanaman, benda, orang dan kegiatannya serta tipografi dari tangram. Akan terus banyak berkembang dan bertambah lagi sesuai dengan imajinasi dari pelaku permainan ini.

Imajinasi dan kreatifitas adalah dua hal yang sangat diasah oleh permainan matematika ini. Permainan ini membuat ilmu geometri dapat difahami dalam bentuk-bentuk yang sederhana dan mengasyikkan. Dalam tulisan ini, saya menantang kalian untuk menghasilkan bentuk-bentuk lain yang belum pernah dibuat sebelumnya.  Selamat mencoba!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: