PENELITIAN

PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PEMANFAATAN LIMBAH BUNGKUS SEMEN DALAM PEMBUATAN TAS CANTIK MULTI FUNGSI SEBAGAI SAJADAH PRAKTIS RAMAH LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN PELUANG USAHA

BIDANG KEGIATAN:

PKM KEWIRAUSAHAAN

 

Diusulkan oleh:

AHMAD IDRIS S.                            A410090185 (2009)

VIVIN ANDRIASTUTI                  A410080017 (2008)

ANISA WARDHANI M.                 A410080290 (2008)

 

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

SURAKARTA

2010

 

HALAMAN PENGESAHAN

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA KEWIRAUSAHAAN

  1. Judul Kegiatan                         :  Pemanfaatan limbah bungkus semen dalam pembuatan tas cantik

multi fungsi sebagai sajadah praktis ramah lingkungan untuk meningkatkan peluang usaha.

  1. Bidang Kegiatan          : (    ) PKMP                 ( √ ) PKMK

(    ) PKMT                (    ) PKMM

  1. Bidang ilmu                 : (    ) Kesehatan          (    ) Pertanian

(    ) MIPA                 (    ) Teknologi dan rekayasa

                                      ( √ ) Sosial Ekonomi  (    ) Humaniora

                                      (    ) Pendidikan

  1. Ketua Pelaksana Kegiatan/ Penulis Utama :

a)      Nama Lengkap                       : Ahmad Idris Setyawan

b)      NIM                            : A410090185

c)      Jurusan                                  : Pendidikan Matematika

d)      Universitas/Institut      : Universitas Muhammadiyah Surakarta

e)      Alamat rumah             : Kelurahan Karangjati Rt 04/02 Kabupaten Blora 58219

f)       Alamat email              : idrischassbiy@gmail.com

g)      No. Telp/HP                : 08567722413

  1. Anggota Pelaksana Kegiatan /Penulis : 2 orang
  2. Dosen Pembimbing

a)      Nama Lengkap dan gelar         : Prof. Dr. Sutama, M.Pd.

b)      NIK                                         : 196001071991031002

  1. Biaya Kegitan Total

a)      Dikti                                        : Rp.10.000.000,00

b)      Sumber Lain                            : –

  1. Jangka Waktu Kegiatan                                   : 4 bulan

Surakarata, 1 Oktober 2010

Ketua Jurusan Pend Matematika

 

Dra. Sri Sutarni, M.Pd

NIP. ….

Ketua Pelaksana Kegiatan

Ahmad Idris Setyawan

 NIM. A 410090185

Menyetujui

Pembantu atau Wakil Rektor

Bidang Kemahasiswaan

Prof.Dr.H. Absori, S.H.,M.Hum.

NIP. 535

Dosen Pembimbing

Prof.Dr. Sutama, M.Pd.

NIP. 196001071991031002

 

 

  1. A.    Judul Program

Pemanfaatan limbah bungkus semen dalam pembuatan tas cantik multi fungsi sebagai sajadah praktis ramah lingkungan untuk meningkatkan peluang usaha

.

  1. B.     Latar Belakang

Limbah adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Dimana masyarakat bermukim, disanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus (black water), dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya (grey water). Limbah padat lebih dikenal sebagai sampah, yang seringkali tidak dikehendaki kehadirannya karena tidak memiliki nilai ekonomis. Bila ditinjau secara kimiawi, limbah ini terdiri dari bahan kimia senyawa organik dan senyawa anorganik. Dengan konsentrasi dan kuantitas tertentu, kehadiran limbah dapat berdampak negatif terhadap lingkungan terutama bagi kesehatan manusia, sehingga perlu dilakukan penanganan terhadap limbah. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.

Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk Indonesia maka kebutuhan akan tempat tinggal juga bertambah demikian pula dengan limbah kehidupannya. Salah satunya limbah dari pembangunan infrastuktur. Seperti pemukiman, gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, atau renovasi gedung semakin banyak dilakukan. Tidak  hanya di kota-kota besar tapi juga di kota-kota kecil yang mulai berkembang. Pembangunan-pembangunan tersebut tidak luput dari penggunaan semen sebagai bahan bangunan yang terpenting dalam setiap prosesnya. Kertas pembungkus dari bahan bangunan tersebut (semen) merupakan limbah yang sulit diuraikan oleh bakteri pengurai. Karena kertas tersebut terbuat dari bahan bubur kayu yang dipadatkan dan terbentuk menjadi kertas yang kuat, tebal dan keras.

Sebagian orang menganggap kantong semen hanya sekadar limbah biasa. Kantong semen tersebut biasanya hanya dijual secara kiloan. Namun, saat ini kantong semen tidak  hanya sebagai barang bekas yang dijual kiloan saja, akan tetapi kantong semen tersebut dapat pula diolah menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi. Melalui proses daur ulang dan sentuhan tangan-tangan terampil, kertas yang berwarna dasar coklat tersebut bisa disulap menjadi berbagai kerajinan unik dan menarik.

Berbagai macam kreasi daur ulang bisa dihasilkan dari kertas yang tebal, kuat, dan unik ini. Salah satunya adalah menjadikannya sebuah kreasi tas cantik yang dipadukan memiliki fungsi ganda sebagai sajadah praktis yang ramah lingkungan, karena bahan bakunya yang terbuat dari bahan alami yaitu bubur kayu . Keinginan  masyarakat untuk menggunakan bahan alami ramah lingkungan dapat terjawab dengan pembuatan kreasi kerajinan dari bahan yang ramah lingkungan ini.

 

 

  1. C.    Perumusan Masalah

Berdasarkan  latar belakang yang ada, maka akan dirumuskan permasalahan sebagai berikut :

  1. Bagaimanakah  proses penelusuran bahan baku limbah kantong semen dalam pembuatan tas  multi fungsi ramah lingkungan?
  2. Bagaimanakah  proses pembuatan tas cantik multi fungsi sebagai sajadah praktis ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah kantong semen?
  3. Bagaimanakah proses pemasaran tas cantik ramah lingkungan berbahan dasar limbah kantong semen?

 

  1. D.    Tujuan Program

Pelaksanaan penelitian ini memiliki tujuan sebagai  berikut :

  1. Memaparkan tahap persiapan penelusuran bahan baku limbah kantong semen dalam pembuatan tas  multi fungsi ramah lingkungan?
  2. Menggali proses pembuatan tas cantik multi fungsi berbahan dasar limbah kantong semen?
  3. Menggali alur pemasaran produk ini agar menarik minat masyarakat untuk mencoba peluang usaha ini untuk meningkatkan perekonomian di masyarakat.

 

  1. E.     Luaran yang Diharapkan

Luaran yang diharapkan dari pelaksanaan  program ini adalah terciptanya produk kerajinan berupa tas cantik memiliki bentuk unik serta multi fungsi yaitu sebagai sajadah praktis yang bisa di bawa kemana-mana serta ramah lingkungan dengan memanfaatkan limbah kantong semen.

Dengan terciptanya produk kerajinan tas cantik multi fungsi sebagai sajadah praktis ramah lingkungan ini diharapkan menyerap tenaga kerja. Sehingga dapat membantu mengurangi beban pemerintah dalam mengatasi pengagguran.

Diharapkan pula kerajinan tas cantik multi fungsi sebagai sajadah praktis ramah lingkungan ini mampu meraup omset yang tinggi. Bahkan hingga menembus pasar nasional maupun pasar internasional sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

 

  1. F.     Kegunaan Program

Hasil dari Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan ini diharapkan agar masyarakat berpikir kreatif dan inovatif untuk memanfaatkan limbah di lingkungan sekitar. Mengajak masyarakat melihat peluang dalam berwirausaha dengan menggunakan bahan dasar sederhana seperti limbah kantong semen yang pada dasarnya mudah didapat dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Karena limbah kantong semen berada di sekeliling kita dan dalam proses pembuatanya pun sangat mudah untuk mengubahnya menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi.

Secara teoritis kegunaan dari pemanfaatan limbah ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Berdasar alasan yang telah dikemukakan di atas tidak menutup kemungkinan terciptanya peluang usaha bagi masyarakat. Selain itu manfaat secara prakteknya dari program ini adalah meningkatkan kepedulian untuk memanfaatkan secara optimal limbah agar dapat didaur ulang. Adapun dalam konteks lapangan mampu meningkatkan daya fikir untuk berkreasi adalah manfaat yang tidak disadari oleh pelaku program ini.

 

  1. G.    Gambaran Umum Rencana Usaha

Limbah kantong semen adalah benda yang sangat akrab dengan kita. Ketika membangun rumah, sekolah, jembatan, bahkan setiap proyek pembangunan pasti menggunakan semen yang tidak sedikit jumlahnya.  Begitu dekatnya benda ini membuat semua orang seakan mengabaikannya. Masyarakat Indonesia rata-rata belum bisa melihat adanya peluang usaha dari benda tersebut. Kebanyakan orang hanya akan membuang kantong semen setelah mengambil semennya.

Program Kreatifitas Mahasiswa Kewirausahaan ini mengajak masyarakat untuk dapat melihat peluang usaha yang ada dari limbah kantong semen dan membuatnya menjadi tas cantik multi fungsi yang ramah lingkungan. Pelaksanaan kegiatan ini melalui berbagai tahap antara lain : (1) pencarian dan pengumpulan bahan baku; (2) proses pembuatan tas multi fungsi ramah lingkungan dari kantong semen; (3) pemasaran produk ke masyarakat. Dalam  hal  pemasaran produk, peneliti berinisiatif  untuk memasarkan produk ini dengan sistem mouth to mouth (mulut ke mulut), cara ini sangat efektif karena bukan pihak kami yang mempromosikan secara langsung tapi produklah yang berbicara. Selain itu kami  menyebarkan pamflet ke masyarakat secara gratis.

Paparan di atas dimaksudkan agar pemasaran produk ini bisa lebih luas dan menyeluruh ke masyarakat. Kemudian peneliti akan bekerjasama dengan koperasi, toko-toko tas, secara online melalui website bahkan melalui kegiatan karang taruna di kampung-kampung atau melalui kegiatan  ibu-ibu PKK dan rapat RT. Dimaksudkan agar masyarakat mengetahui bagaimana cara mengolah limbah bungkus semen  menjadi barang yang berharga dan yang terpenting adalah dapat menggugah minat masyarakat untuk membeli atau bahkan belajar memproduksinya.

 

  1. H.    Metode Pelaksanaan Program

Metode pelaksanaan dalam pembuatan tas cantik multi fungsi ini adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan pembuatan produk oleh peneliti dan dibantu oleh 2 orang pekerja. Ada 3 metode dalam usaha ini, antara lain : (1) tahap persiapan persiapan penelusuran bahan baku limbah bungkus semen; (2) tahap pembuatan tas multi fungsi ramah lingkungan; (3) tahap pemasaran tas cantik ramah lingkungan.

Persiapan pembuatan tas cantik multi fungsi ini dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan limbah bungkus semen yang sudah tidak dipakai lagi di tempat-tempat yang tersedia limbah ini. Yaitu tempat- tempat dimana ada proyek pambangunan, seperti pembangunan sekolah, perkantoran, mall atau pun  membelinya dari pengumpul barang bekas.

Kemudian untuk proses pembuatan tas cantik ramah lingkungan dilakukan sendiri oleh peneliti dengan dibantu oleh rekan-rekan dan 2 orang pekerja dengan bekerja sama dengan salah satu penjahit tas di Surakarta. Untuk membuat tas cantik tersebut peneliti memberikan konsep dahulu kepada penjahit bagaimana konsep yang akan dibuat.Dari konsep tersebut, penjahit merealisasikannya dalam bentuk tas cantik.

Lingkungan kampus menjadi target utama dalam pemasaran produk jadi dalam penelitian ini. Mengingat banyaknya mahasiswa yang tinggal di lingkungan dan tingginya tingkat konsumsi mahasiswa dengan sesuatu hal yang baru, unik, dan menarik. Selain itu, harga yang terjangkau dibarengi dengan kualitas barang yang bagus sangat pas untuk memenuhi kebutuhan non primer mahasiswa. Tidak hanya kalangan mahasiswa saja yang menjadi target penelitian ini, tetapi juga masysrakat luas pada umumnya.

Adapun proses pemasaran tas multi fungsi dilakukan oleh peneliti sekaligus bekerja sama dengan pemasar lain yaitu toko-toko tas yang bersedia memasarkan produk tersebut, atau membuka stan bazaar di Gelora Manahan setiap hari minggu. Serta melalui media cetak dengan menyebarkan pamflet mengenai usaha ini dan memasang iklan di media elektronik seperti membuat blog di internet.

Namun demikian, dalam jangka panjang peneliti juga berharap agar pembuatan tas cantik ramah lingkungan yang terkesan unik dan inovatif ini dapat memiliki usaha sendiri. Serta dapat berkembang di tengah-tengah masyarakat sehingga bisa memberikan kontribusi pada masyarakat yaitu menciptakan lapangan pekerjaan. Tentunya lapangan pekerjaan tersebut merupakan hasil produksi kreasi anak negeri.

 

  1. I.       Jadwal Pelaksanaan
Nama Kegiatan Tahun 2010
Bulan Ke
1 2 3 4
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
A.Persiapan  
Desain Barang                                
Pencarian Bahan                                
B. Pelaksanaan  
Pembuatan Bubur Kertas                                
Pencentakan dan Pengeringan                                
Pelamiran dan Penghalusan                                
Pewarnaan                                
Uji Pemasaran                                
Survey pemasaran                                
Penjualan                                
Penyusunan Laporan                                

 

  1. J.      Rancangan Biaya
    1. 1.      Bahan Habis Pakai :
No. Nama Satuan

Volume

Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
1. Bungkus Semen Lembar

100

1000,00 100.000,00
2. Kain Kapas berperekat Meter

10

10.000,00 100.000,00
3. Kain Furing Meter

50

15.000,00 750.000,00
4. Cat Pewarna Kain Botol

25

20.000,00 500.000,00
5. Pelembut Textil Botol

5

38.200,00 191.000,00
6. Benang Gulung

15

8.000,00 120.000,00
7. Busa Angin Meter

20

40.000,00 800.000,00
8. Bisban Kg

2

40.000,00 80.000,00
9. Velcrow (kretekan) Gulung

3

10.000,00 30.000,00
10. Kancing lusin

5

8.000,00 40.000,00
11. Resleting Ukuran 30 cm lusin

8

17.000,00 136.000,00
12. Resleting Ukuran 100 cm lusin

8

46.000,00 368.000,00

Jumlah

3.215.000,00

 

  1. 2.      Peralatan Penunjang PKM :

No.

Nama

Satuan

Volume

Harga Satuan (Rp)

Jumlah (Rp)

1.

Mesin Jahit

Biji

3

400.000,00

1.200.000,00

2.

Gunting

Pak

5

20.000,00

100.000,00

3.

Meteran Kain

Biji

3

8.000,00

24.000,00

4.

Jarum

Pak

2

3.000,00

6.000,00

5.

Ember

Biji

10

25.000,00

250.000,00

6.

Kuas Lukis     Pak

5

25.000,00

125.000,00

7.

Etalase

Biji

1

850.000,00

850.000,00

Jumlah

2.555.000,00

 

  1. 3.      Penulisan Laporan
No. Nama Satuan Volume Harga Satuan (Rp) Jumlah
1. Penjilidan Laporan dan Makalah Eksemplar 2 x 8 7.000,00 112.000,00
2. Penggandaan laporan dan Makalah Eksemplar 2 x 8 35.500,00 568.000,00
Jumlah 680.000,00

 

  1. 4.      Biaya Transportasi
No. Nama Satuan Volume Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
1. Pencarian bahan, survey lapangan, pemasaran Orang 3 300.000,00 900.000,00

 

  1. 5.      Biaya Pemasaran
No. Nama Satuan Volume Harga Satuan (Rp) Jumlah (Rp)
1. Pamflet Lembar 50 4.000,00 200.000,00
2. Internet Jam 10 4.000.00 400.000,00
3. Baner Biji 2 150.000,00 300.000,00
4. Sewa Ruko Bulan 3 250.000,00 750.000,00
Total 1.650.000,00

 

  1. 6.      Biaya Pekerja
No Nama Satuan Volume Harga Satuan/bulan (Rp) Jumlah (Rp)
1 Pekerja Orang 2×2 bulan 250.000,00 1.000.000,00
Jumlah 1.000.000,00

         Total Anggaran : Rp. 10.000.000,00

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: